12/22/2009

Cara Daftar Dan Verifikasi Blog/Website Ke Webmaster Tools


   Halo sobat, kali ini penulis mau nulis sesuatu nih yang dapat bermanfaat untuk blog/web kita, yaitu cara mendaftarkan blog/web kita ke Webmaster tools, tentunya yaitu Google Webmaster tools.

    Dengan kita mendaftar di Google Webmaster tools, banyak hal dapat kita monitor menyerupai kemudian lintas trafik ke blog/website kita dan keyword-keyword yang biasa atau paling sering dipakai untuk mengunjungi blog/website kita, sehingga kita dapat mengoptimasinya biar meningkatkan trafik di blog kita.

Sebelum kita, kepada topik bahasan ada baiknya kita mengetahui manfaat-manfaat dari google webmaster tools ini:

1. Analisa Pencarian

        Fitur ini, dapat menciptakan kita tahu berapa banyak klik yang terjadi dan mengarah kepada blog kita tentunya klik yang berasal dari google itu sendiri, selain klik juga ada hitungan impresi yang terjadi di google,  yang di halaman tersebut ada link yang mengarah ke blog kita juga tetapi tidak hingga terjadi klik yang mengarah kepada ke blog kita.

2. Mengetahui Jumlah Link ke Blog/Web Kita

       Di dalam Google Webmaster tools sendiri kita dapat liat berapa jumlah link dari web/blog lain yang tertaut kepada blog kita dan juga kita dapat melihat nama situs-situs mana saja yang di dalamnya tertaut link blog kita, ini dapat menjadi parameter juga untuk mengetahui berapa jumlah backlink yang dimiliki oleh blog kita.

3. Fitur "Fetch as Google"

      Fitur ini juga menjadi salah satu unggulan dari google webmaster tools, alasannya yaitu dengan fitur ini web kita dapat pribadi di index oleh google, sehingga link blog atau link postingan kita yang kita daftarkan akan pribadi terindex di google.
Meskipun begitu, url yang kita daftarkan di google webmaster tools dengan fetch as google ini, tidak dapat pribadi naik ke page one secara instan,  ada banyak faktor yang mempengaruhi biar postingan kita dapat masuk page one. Kaprikornus untuk dapat masuk page one tidak hanya faktor indexing yang kita lakukan, tapi banyak hal lain yang harus kita penuhi.


4. Deteksi Malware, Error, dll.

       Keuntungan yang lain juga kita dapat mengetahui, bila ada suatu malware atau suatu hal error teknis lain yang berada di blog/web kita, biasanya google webmaster tools akan menunjukkan kita suatu peringatan.
Sehingga kita dapat dengan cepat mencari solusi dan mendapat penanganan yang cepat dan sempurna biar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di atas beberapa manfaat dari google webmaster tools, sesungguhnya masih banyak dan mungkin lain kali akan ditambah lagi.

Kita pribadi saja ke pada dasarnya yaitu cara daftar dan Verifikasi Blog/Website kita ke Google Webmaster Tools:
  • Klik Link nya disini 
  • Lalu Klik Add Property
  • Masukkan Url Blog/Website kita
  • Pilih Tab Alternate Method
  • Pilih "HTML Tag"
  • Copy instruksi yang disediakan
  • Masuk Ke Dashboard Blogger kita
  • Pilih Tab Theme> Edit HTML
  • Paste kan instruksi tersebut sehabis instruksi <head>, kemudian "Simpan Tema"
  • Lalu Klik Verify di Google Webmaster tools
  •  Selesai, maka dapat klik continue
    Maka kita telah berhasil mendaftarkan  dan memverifikasikan Blog/Website kita ke Google Webmaster tools dan dapat mulai memakai fitur-fiturnya, tetapi ada beberapa fitur yang belum dapat dipakai dan seiring berjalan nya waktu, maka fitur tersebut akan terbuka dikarenakan google masih mengambil isu wacana blog/website kita.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat :)
Comments

Add Your Comment
EmoticonEmoticon