5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sesudah Ganti Blogspot Ke Domain Tld
Domain TLD mirip (.com, .net, .info) merupakan domain Tingkat atas yang pastinya diinginkan oleh para kalangan blogger, berbagai laba yang sanggup didapatkan dengan berpindah ke domain TLD.
Tapi apakah kalian tahu? bahwa sesudah kita berganti ke domain TLD ada beberapa yang harus kita lakukan.
Ini bertujuan semoga kita sanggup lebih mengoptimasi blog/web TLD gres kita untuk mendaftarkan visitor lebih ataupun mempertahankan visitor yang sudah ada.
Lalu apa manfaat kita mengganti blog kita dengan domain TLD, sebetulnya banyak manfaat yang kita sanggup dengan mengganti domain ke TLD, sanggup di baca:
Kalian sanggup membeli domain TLD ini di beberapa penyedia hosting indonesia dengan harga bervariasi bergantung pada domain TLD apa yang akan dipakai.
Lalu berapa usang domain TLD ini aktif?
Ada beberapa narasumber yang menyampaikan bahwa proses pengaktifan domain ini berjalan sekitar 1x24 jam, gres domain sanggup digunakan dengan semestinya.
Tetapi, yang saya dapati berbeda! proses pengaktifan domain ini berjalan dalam hitungan menit! tidak hingga satu jam, domain sudah aktif.
Sebenarnya sanggup lebih cepat, kalau penyedia layanan hosting tidak sedang dalam masa perbaikan. dan saya pun cukup heran alasannya yaitu yang saya dapati dari beberapa narasumber proses pengaktifan domain akan berjalan 1x24 jam.
Makara kesimpulan untuk pengaktifan domain ini, kalau tidak ada kesalahan teknis atau hal lain nya. Proses pengaktifan domain akan berjalan dengan cepat! tanpa perlu menunggu! walaupun ada dalam beberapa kasus harus menunggu (1x24 jam).
Kita eksklusif masuk saja kepada topik bahasan, kalau kalian sudah berhasil mengaktifkan domain TLD ini maka ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:
1. Submit URL Baru ke Google Search Console
Google Search Console dulu berjulukan Google Webmaster tools, merupakan tools yang disediakan google untuk para web developer atau web owner untuk berbagi webnya.
Bukan hanya itu, dengan kita submit url di search console banyak fasilitas yang di dapat, mirip mengetahui jumlah backlink, analisa trafik, dll.
Untuk mengetahui apa saja manfaat dan cara submit URL gres ke Google Search Console. sanggup baca di:
2. Submit URL gres ke Search Engine Google
Cara ini sanggup dikerjakan ketika sudah menuntaskan tahap nomor pertama di atas, ketika selesai mendaftarkan URL gres kita di search console, maka kita sanggup mulai submit artikel semoga cepat teridex di google.
Bagi kalian yang sudah sering menggunakan fitur ini, niscaya tidak absurd bukan dengan yang namanya fitur "fetch as google/ ambil sebagai google".
Fitur ini mempermudah url gres semoga lebih cepat terindex di google, jadi url usang sanggup lebih cepat diganti dengan url gres kita.
Sebenarnya tidak menjadi problem bila tidak mendaftarkan url gres ke search engine google, alasannya yaitu url usang akan eksklusif redirect ke url gres kita.
Akan tetapi, kita tidak sanggup memonitor url gres dengan cepat. pastinya perlu waktu yang cukup usang semoga url gres blog di index oleh google, memang url kita niscaya di index oleh google.
Tetapi dengan submit url gres blog, maka proses monitor url gres tersebut akan lebih cepat dan sanggup kita lihat di search console.
Untuk mengetahui cara Submit url ke search engine google ini, kalian sanggup baca:
Baca Juga: Cara Agar Postingan Cepat Terindex di Google
3. Submit Sitemap Baru
Apa itu Sitemap? Sitemap bila dialih bahasakan yaitu peta situs, yang secara singkat yaitu informasi suatu situs dan mengenai url-url yang ada dalam situs.
Bisa diartikan juga untuk mengetahui tipe informasi apa saja yang ada dalam suatu situs, yang sanggup kita artikan untuk mengetahui label-label apa saja yang ada di blog/web kita.
Tidak hanya untuk mengetahui url dan informasi, tetapi ada juga informasi berupa metadata, yang dimana berfungsi untuk mengetahui kapan blog terakhir di update, seberapa sering blog di update, dan sebagainya.
Lalu apa manfaat kita submit sitemap ini?
Salah satu keuntungannya yaitu url kita akan lebih cepat bersaing di google, alasannya yaitu robot.txt situs kita akan merayapi url-url yang ada di blog kita.
Tentu bersaing bukan berarti akan masuk page one, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk sanggup masuk ke page one, sanggup kalian baca di:
Keuntungan yang lain dengan kita submit sitemap juga, kita sanggup tahu kalau url blog kita ada yang error.
biasanya ada error mirip ini yang terjadi pada sitemap, alasannya yaitu ketidak singkronan antara url blog yang dahulu dan yang sekarang.
Jika tidak mengerti akan saya jelaskan, error tersebut terjadi pada sitemap dahulu yang berada pada search console url blog lama.
hebatnya sitemap yang dahulu mendeteksi perubahan url situs, tetapi ada sesuatu yang salah yaitu https, sedangkan url situs gres yang ini tanpa https, sehingga error pun akan terjadi.
Darimana https tersebut berasal?
https tersebut berasal dari url blog usang yang menggunakan blogspot, url tersebut menggunakan SSL, sedangkan url blog ini tidak, sehingga terjadilah error url blog gres dengan menggunakan https.
url gres blog ini, dikala ini tidak sanggup dibuka dengan https alasannya yaitu tidak menggunakan SSL, kalau tidak percaya silahkan buka sendiri, kecuali kalau suatu dikala nanti blog ini menggunakan SSL gres url dengan https sanggup dibuka.
Update : Blog ini kini menggunakan https, sedangkan dulu tidak. Penjelasan di atas yaitu ketika blog ini tidak menggunakan https
Update : Blog ini kini menggunakan https, sedangkan dulu tidak. Penjelasan di atas yaitu ketika blog ini tidak menggunakan https
Lalu bagaimana mengatasi hal tersebut? untuk itulah postingan ini dibentuk yaitu dengan submit url blog gres ke search console (Poin 1), maka url blog gres akan mengikuti yaitu dengan http://.
Sehingga kesalahan dengan https:// tidak perlu dianggap serius alasannya yaitu hanya terjadi pada search console url blog lama.
Untuk mengatasi atau meneguhkan posisi url blog baru, yaitu dengan submit url blog gres ke search engine beserta dengan url gres artikel-artikelnya (poin 2).
alasannya yaitu saya belum pernah memberi tahu cara pasang sitemap, maka saya akan jabarkan disini:
- Masuk Ke Search Console atau klik link ini
- Pilih Situs dengan Url gres kau yang gres saja dibuat
- Masuk Ke Tab>Crawl>Sitemaps
- Pilih Add/Test Sitemaps
- Tambahkan sitemap.xml atau atom.xml, atau kedua-duanya juga boleh ditambahkan.
- Lakukan test terlebih dahulu untuk mengetahui keberhasilan
- Atau Langsung Submit saja kalau sudah yakin
- Refresh Halaman
- Selesai
Biasanya Pending indexed akan memakan waktu paling usang 24 jam, dan sesudah itu akan muncul data berwarna oranye berupa url indexed.
Tetapi yang perlu diketahui bahwa kalau gres melaksanakan perpindahan url baru, walau sudah 24 jam data akan berbentuk strip, alasannya yaitu masih masa pembiasaan dan masih masa perayapan ke search engine.
4. Sering Update Artikel
alasannya yaitu sitemap mengandung metadata yang sanggup mengetahui seberapa sering kita update artikel, maka semakin cepat kita update artikel maka semakin anggun yang menciptakan artikel kita lebih cepat dirayapi oleh robot google.
Tetapi walau kalian tidak sering update artikel, itu bukan berarti artikel kalian tidak akan di index oleh google, tetapi akan memakan waktu yang lebih usang kalau dibandingkan yang sering update artikel.
Sering update artikel bukan berarti juga, artikel kalian akan masuk halaman satu google. semoga masuk halaman satu google ada beberapa cara yang sanggup dilakukan, sanggup baca di:
5. Submit URL Blog Baru ke Google Analytics
Dengan kita submit blog kita, ke google analytics, banyak hal menguntungkan yang sanggup didapatkan mirip mengetahui kemudian lintas trafik, berapa orang yang online di situs kita, menggunakan desktop atau mobile kah visitor kita, itu semua sanggup diketahui dengan menggunakan google analytics.
Banyak hal yang sanggup didapatkan dengan kita menggunakan google analytics, terlebih lagi itu semua sanggup di monitoring menggunakan handphone, alasannya yaitu adanya app google analytics yang berbasis android.
Karena saya belum pernah membagikan cara submit di google analytics, maka saya akan membagikan nya kali ini:
- Login ke Google Analytics dengan akun google anda, atau klik Link ini
- Lalu Klik Pendaftaran
- Isi Semua form yang ada, scroll ke bawah dan klik "Dapatkan ID Pelacakan"
- Lalu Pilih "saya setuju"
- Copy kan arahan yang disediakan, pastekan sesudah arahan <head> di template blog anda
- Selesai
Kita sanggup eksklusif melaksanakan monitoring terhadap blog kita, tapi biasanya ada beberapa fitur yang belum sanggup dilihat (fitur mirip pageview dan visitor), biasanya 1 hari kemudian data tersebut bermunculan.
Lalu kenapa disarankan untuk mendaftarkan url blog baru? sebetulnya analytics sanggup mengetahui bahwa data-data url blog gres kita.
Tetapi demi mencegah hal yang tidak diinginkan ada baiknya kita mendaftarkan analytics dengan url blog baru, dan caranya cukup gampang sanggup menggunakan cara di atas kembali dengan email baru, atau mirip ini:
- Masuk ke Tab Admin di google analytics (gambar gerigi)
- Klik Properti > Buat Properti Baru
- Lalu akan mengulan mirip cara di atas, mirip mengisi form
- Lalu Copy kan arahan yang disediakan kembali
- Paste sesudah arahan <head> di template anda
- Selesai
Image By : Freepik










