10+ Cara Menjadi Blogger Yang Sukses Dan Berpenghasilan Jutaan Rupiah Perbulan
10+ Cara Menjadi Blogger Yang Sukses dan Berpenghasilan Jutaan Rupiah Perbulan - Dunia begitu dinamis, sesuatu sanggup berubah dengan sangat cepat. Apalagi didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini. Masih teringat berpengaruh dipikran saya, 15 tahun yang kemudian dikala menonton televisi yang hanya support 2 warna saja (hitam putih), maklum kampung saya masih tergolong kedalam kampung yang tertinggal, jadi yang mempunyai televisi bisa dihitung dengan jari.
Tak disangka, ternyata kini ini kita beralih ke dunia digital. Saat-saat dimana kita bisa menonton televisi melalui smartphone. Acara yang terlewat pun masih bisa kita tonton melalui sebuah aplikasi berjulukan Youtube. Belum lagi, konten dalam bentuk tulisan. Kita bisa mencari apapun, materi, soal, artikel, berita, hiburan dll hanya dengan berada di balik layar smartphone.
Dibalik itu semua, terdapat profesi yang ternyata menggiurkan dan menyenangkan. Menggiurkan alasannya yaitu bila ditekuni sanggup menghasilkan jutaan rupiah perbulan. Dan menyenangkan alasannya yaitu sanggup bersenang-senang namun tetap menghasilkan. Sebut saja profesi sebagai Youtuber dan Blogger, profesi sebagai independent worker yang bebas dan tak terikat oleh galaknya bos dan honor setiap awal bulan.
![]() |
| Cara Menjadi Blogger Yang Sukses |
Apakah kau juga salah satu orang yang pengen menjadi Youtuber dan Blogger yang sukses dengan penghasilan jutaan rupiah perbulan? Nah, khusus di artikel kali ini kami akan membahas wacana 10+ Cara Menjadi Blogger Yang Sukses dan Berpenghasilan Jutaan Rupiah Perbulan. Bagaimana tipsnya? Baca artikel dibawah ini hingga tuntas yaa, biar tidak gagal paham :)
0. Mulai dari 0
Kita terlahir tanpa ada sehelai benang pun yang melekat pada kita, kita pun juga belum bisa berjalan apalagi berlari. Hal itu mengajarkan kepada kita, bahwa semua itu butuh proses dan dimulai dari 0. Dimulai dari kita tidak tahu apa-apa menjadi apa-apa tahu, dimulai dari kita tidak bisa menjadi bisa bahkan expert di bidangnya. Kata-kata ini mengingatkan saya akan sebuah buku dengan isi yang sangat luar biasanya dalam menginspirasi dan memotivasi, buku tersebut yaitu "From Zero To Hero", sebuah buku yang akan menginspirasi kita dari mulai "zero/nol" menjadi "hero", dari nothing menjadi something.
Sebagai seorang blogger, apalagi kalau kalian gres saja mengenal blogger harus mempunyai sifat pantang menyerah. Karena di proses awal menyerupai inilah, biasanya banyak blogger yang menyerah, entah alasannya yaitu menemukan kesulitan, hambatan atau alasannya yaitu tidak kunjung mendapat apa yang mereka inginkan.
Memang menjadi blogger bukan hal yang mudah, perlu proses yang panjang dan perlu kerja keras serta ketekunan. Membangun sebuah web butuh waktu yang lama, tidak hanya satu, dua atau tiga bulan eksklusif jadi. Melainkan harus berbulan-bulan bahkan 1 tahun lebih untuk sanggup menghasilkan jutaan rupiah. Untuk itu, mulailah dari 0 dengan pondasi yang berpengaruh biar tidak simpel berhenti di tengah-tengah kerasnya perjuangan.
Anda sanggup mulai memakai platform gratis dari wordpress atau blogger. Kedua-duanya bagu, tapi saran saya gunakan blogger terlebih dahulu alasannya yaitu dari segi penggunaan blogger lebih simpel dan lebih sederhana. Ditambah, blogger dengan subdomain .blogspot.com sudah sanggup di monetize.
Memang menjadi blogger bukan hal yang mudah, perlu proses yang panjang dan perlu kerja keras serta ketekunan. Membangun sebuah web butuh waktu yang lama, tidak hanya satu, dua atau tiga bulan eksklusif jadi. Melainkan harus berbulan-bulan bahkan 1 tahun lebih untuk sanggup menghasilkan jutaan rupiah. Untuk itu, mulailah dari 0 dengan pondasi yang berpengaruh biar tidak simpel berhenti di tengah-tengah kerasnya perjuangan.
Anda sanggup mulai memakai platform gratis dari wordpress atau blogger. Kedua-duanya bagu, tapi saran saya gunakan blogger terlebih dahulu alasannya yaitu dari segi penggunaan blogger lebih simpel dan lebih sederhana. Ditambah, blogger dengan subdomain .blogspot.com sudah sanggup di monetize.
1. Milikilah Target Yang Jelas
Seperti hidup yang harus mempunyai tujuan dan prinsip, menyerupai juga perusahaan yang harus mempunyai visi dan misi biar arah perusahaan betul-betul terang mau dibawa ke arah mana. Begitu juga dengan kalian, milikilah sasaran biar kerja kalian lebih terarah dan memicu semangat untuk mencapai sasaran tersebut.
Karena, tanpa sasaran yang terang akan menciptakan kurang termotivasi dan tidak tahu kemana arah yang hendak di capai. So, tentukan sasaran semenjak awal. misal saja sasaran menyerupai ini nih :
Maka dari itu, bila Anda ingin menjadi blogger yang sukses. Fokuslah pada tujuan atau sasaran yang telah ditentukan pada langkah sebelumnya. Jangan hingga terpengaruhi dengan iming-iming bisnis yang lain, semua bisnis intinya sama. Semua di awal itu berat, butuh pengorbanan dan usaha yang besar. Kami ingatkan satu kali lagi, fokus pada satu website saja hingga benar-benar website tersebut menghasilkan. Ketika, satu website sudah sukses gres membangun website yang selanjutnya.
Karena, tanpa sasaran yang terang akan menciptakan kurang termotivasi dan tidak tahu kemana arah yang hendak di capai. So, tentukan sasaran semenjak awal. misal saja sasaran menyerupai ini nih :
Target bulan 1 : Postingan 60
Target bulan 2 : Postingan 120
Target bulan 3 : Postingan 180 + Ganti Domain TLD
Target bulan 4 : Postingan 240 + Daftar Adsense
Target bulan 5 : Postingan 300 + 2000 pv/hari
Target bulan ....
Target bulan 18 : Postingan 1000 + Beli Hosting
2. Fokus
Titik terberat seorang blogger yaitu pada masa awal dimana membangung sebuah website dari 0 menuju website yang mulai menghasilkan uang. Di proses tersebut, biasanya seorang blogger mengalami gangguan dan godaan yang amat berat mulai dari buat blog lagi, coba-coba bisnis lain, bosan dan jenuh atau hingga terpengaruhi untuk menjual blog alasannya yaitu sudah nyerah tidak keburu menghasilkan uang.Maka dari itu, bila Anda ingin menjadi blogger yang sukses. Fokuslah pada tujuan atau sasaran yang telah ditentukan pada langkah sebelumnya. Jangan hingga terpengaruhi dengan iming-iming bisnis yang lain, semua bisnis intinya sama. Semua di awal itu berat, butuh pengorbanan dan usaha yang besar. Kami ingatkan satu kali lagi, fokus pada satu website saja hingga benar-benar website tersebut menghasilkan. Ketika, satu website sudah sukses gres membangun website yang selanjutnya.
3. Milikilah Karakter Website Yang Kuat
Selain fokus pada sasaran yang akan di capai, dari segi konten juga sangat perlu yang namanya "fokus". Milikilah sebuah website yang berfokus pada satu niche atau tema saja, dengan begitu website Anda akan mempunyai aksara yang kuat. Sehingga, audience juga mempunyai alasan yang berpengaruh untuk tiba membaca tulisan-tulisan di website yang Anda kelola.Selain konten yang berfokus pada satu niche, tampilan suatu website juga memilih aksara dari sebuah website. Pastikan, gunakan tampilan website yang sesuai dengan pengunjung web Anda. Jika pengungjung lebih banyak didominasi wanita, ya gunakan tampilan yang sekiranya disukai oleh para wanita.
4. Gunakan Domain TLD
Mengapa sih harus memakai domain TLD? Banyak hal yang sanggup dijadikan alasan, tetapi yang niscaya memakai domain TLD akan menciptakan blog/websitemu terlihat lebih profesinal dan simpel di ingat. Domain TLD layaknya merk yang akan di ingat oleh konsumen, dan akan dikunjungi ketika mereka membutuhkan informasi terkait dengan niche web mu.
Selain itu, domain TLD juga mempunyai potensial yang lebih tinggi untuk di klik ketika berada di SERP Google. Pasti orang akan lebih percaya halaman web yang memakai domain TLD ketimbang dengan sub domain blogspot.com yang masih gratisan.
Tenang saja, harga domain tidak buat miskin kok. 125 an ribu sudah sanggup domain .com kalau kau beli di Niagahoster.co.id. Kalau pengen yang lebih murah lagi bisa memakai domain web.id. Atau beli domain pas lagi ada promo, niscaya jatuhnya akan lebih murah dan irit.
Untuk sanggup memakai adsense, kau harus mendaftar terlebih dahulu. Langkah no 5 ini saya letakkan sesudah ganti domain TLD memang ada tujuannya. Yaitu, biar kau daftar adsensenya sesudah memakai domain TLD.
Lho emangnya kenapa harus daftar dikala sudah berdomain TLD?
Karena akan lebih simpel kedepannya, ketika kau daftar adsense memakai domain TLD maka kau akan mendapat akun non-hosted, yang sanggup dipakai untuk banyak situs/web. Ini akan berguna, ketika kau sudah mempunyai website lebih dari satu. Berbeda ketika kau daftar dengan blog yang masih bersubdomain blogspot, maka kau akan mendapat akun hosted yang iklan adsensenya hanya bisa dipasang di blog bersubdomain blogspot.
Mendaftar di adsense memang susah-susah gampang, ada yang bilang susah alasannya yaitu ngga keterima-keterima, ada juga yang bila simpel alasannya yaitu sekali daftar eksklusif diterima. Berdasarkan pengalaman saya, gotong royong daftar adsense itu simpel asalah blog/website yang kita daftarkan sesuai dengan hukum main yang google adsense berikan. Nih, kami punya beberapa tips biar simpel diterima di adsense :
Selain itu, domain TLD juga mempunyai potensial yang lebih tinggi untuk di klik ketika berada di SERP Google. Pasti orang akan lebih percaya halaman web yang memakai domain TLD ketimbang dengan sub domain blogspot.com yang masih gratisan.
Tenang saja, harga domain tidak buat miskin kok. 125 an ribu sudah sanggup domain .com kalau kau beli di Niagahoster.co.id. Kalau pengen yang lebih murah lagi bisa memakai domain web.id. Atau beli domain pas lagi ada promo, niscaya jatuhnya akan lebih murah dan irit.
![]() |
| Domain Murah di Niagahoster.co.id |
5. Gunakan Adsense
Siapa sih yang ngga kenal dengan adsense? Saya rasa kau juga tahu, atau malah sudah memakai platform advertising yang satu ini. Dengan adsense ini, kau sanggup memasang banyak sekali jenis iklan di websitemu, yang pada hasilnya akan menghasilkan uang untuk websitemu. Adsense ini juga yang biasanya dijadikan sebagai sumber penghasilan para profesional blogger maupun Youtuber. Sejauh ini, adsense tetap yang terbaik dan belum ada yang tergantikan hingga ada yang menyaingi google. Yes, adsense yaitu milik google.![]() |
| Google Adsense. Sumber : digitalhungama.com |
Untuk sanggup memakai adsense, kau harus mendaftar terlebih dahulu. Langkah no 5 ini saya letakkan sesudah ganti domain TLD memang ada tujuannya. Yaitu, biar kau daftar adsensenya sesudah memakai domain TLD.
Lho emangnya kenapa harus daftar dikala sudah berdomain TLD?
Karena akan lebih simpel kedepannya, ketika kau daftar adsense memakai domain TLD maka kau akan mendapat akun non-hosted, yang sanggup dipakai untuk banyak situs/web. Ini akan berguna, ketika kau sudah mempunyai website lebih dari satu. Berbeda ketika kau daftar dengan blog yang masih bersubdomain blogspot, maka kau akan mendapat akun hosted yang iklan adsensenya hanya bisa dipasang di blog bersubdomain blogspot.
Mendaftar di adsense memang susah-susah gampang, ada yang bilang susah alasannya yaitu ngga keterima-keterima, ada juga yang bila simpel alasannya yaitu sekali daftar eksklusif diterima. Berdasarkan pengalaman saya, gotong royong daftar adsense itu simpel asalah blog/website yang kita daftarkan sesuai dengan hukum main yang google adsense berikan. Nih, kami punya beberapa tips biar simpel diterima di adsense :
Buat artikel original dengan panjang min 500 kata + 1 gambar
Blog mempunyai aksara yang berpengaruh (1 niche), bukan gado-gado. Misal : teknologi, otomotif, kesehatan, dll.
Template rapi dan fast loading
Miliki halaman yang lengkap : Privacy Policy, About, Contact Us, Disclaimer
Perhatikan SEO On Page : Link internal building, judul yang menarik, tag gambar, deskripsi dll.
6. Zona Nyaman yaitu Ancaman
Ketika orang sudah mempunyai adsense, dan website dengan artikel original 1000 postingan biasanya sudah mempunyai penghasilan rutin yang didapat setiap bulannya. Ketika kondisi menyerupai ini biasanya orang akan merasa nyaman, alasannya yaitu uang akan mengalir begitu saja. Bahkan tanpa posting sekalipun, website akan tetap menghasilkan walaupun tanpa sadar bertahap akan mengalami penurunan.Ketika berada di zona nyaman inilah yang biasanya akan menjadi ancaman, akan merasa malas dan malah berfoya-foya menghabiskan apa yang telah didapat. Perjuangan dan pengorbanan tidak sebesar ketika masa-masa sebelum menghasilkan. Jika biasanya 1 hari bisa menciptakan 5 artikel, maka ketika sudah merasa nyaman akan berkurang menjadi 1 hari 1 artikel atau malah tidak buat sama sekali.
So, ketika kau sudah berada di zona nyaman. Jangan hingga lengah, dan jangan hingga berhenti berjuang. Tetap fokus dengan sasaran yang lebih tinggi lagi.
7. Dikenal Baru Sukses? atau Sukses Dulu Baru Dikenal?
Kira-kira yang betul yana mana? Orang akan dikenal ketika sukses dulu, atau orang akan sukses ketika dikenal orang?. Kita butuh relasi, kita butuh partner, dan kita juga butuh kawan. Para penyanyi itu sanggup sukses, ketika dia terlebih dahulu dikenal oleh produser. Para Youtuber sukses itu, sebelumnya kenal dengan Youtuber yang sudah sukses sebelumnya.Itu artinya, kita butuh partnet, kita juga butuh master yang sanggup kita tanyai solusi ketika mengalami kesulitan. Itu semua sanggup kita lakukan kalau kita bergabung dengan sebuah komunitas. Kamu bisa cari komunitas blogger yang sedaerah dengan mu, atau kau juga bisa buat komunitas sendiri di kampus atau dikampungmu.
Gabung dengan komunitas, ternyata juga bisa lhoo untuk mengatasi biar kita tidak berleha-leha di zona nyaman. Caranya, dengan berkawan dengan teman yang memilki motivasi tinggi, sehingga kita akan lebih termotivasi dan tidak mau kalah dengan apa yang dilakukan oleh teman kita.
8. Gunakan Web Hosting Sendiri
Ketika sudah mempunyai penghasilan, tentu kau pengen ke jenjang berikutnya dong. Kamu bisa memakai web hosting sendiri, yang dengannya kau akan bebas tidak terikat oleh hukum di blogger, kau bebas dan tidak perlu lagi taku ke banned atau semacamnya. Kamu juga bisa beralih ke wordpress yang mempunyai fitur yang lebih lengkap dan canggih.Atau, kalau kau pengen berguru terlebih dahulu kau bisa kok pesan web hosting dengan biaya yang paling rendah terlebih dahulu. Ketika dirasa sudah mampu, gres websitemu yang utama di pindah ke web hosting milikmu sendiri.
Yakin berbeda rasanya guys, kau akan lebih leluasa, lebih profesional dan hasilnya pun akan lebih maksimal kalau kau sanggup memanfaatkan dengan sebaik-baiknya mesin barumu dikala ini.
Masalah harga tentu bukan masalah, kalau websitemu sudah mempunyai penghasilan. Biaya sewa hosting sangat terjangkau kok, kemarin saya lihat di niagahoster.co.id dengan paket yang paling rendah cukup membayar Rp 19.800/bulan dengan bandwhite unlimited dan disc space 500 mb, sementara paket bisnis dikenai biaya Rp 84.564/bulan dengan bandwhite dan disc space unlimited. Pilihan paket web hosting di niagahoster.co.id sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
![]() |
| Sewa Hosting Murah di Niagahoster.co.id |
Pemilihan tempat pembelian web hosting sangat perlu berhati-hati, alasannya yaitu hosting yaitu rumah kita di internet yang juga merupakan tempat penyimpanan data-data kita di internet. Ketika server sering down, maka website kita pun juga akan sering down yang tentu akan menciptakan ketidaknyamanan pengunjung selama berjelajah di website yang kita miliki. Untuk itu, pilihlan tempat penyewaan web hosting terbaik dan terpercaya menyerupai di Niagahoster.co.id, selain harga yang kompetitif juga pelayanannya yang berkualitas dan memuaskan.
9. Tidak Hanya 1 Website
Setelah kau mempunyai website yang sukses dengan hosting sendiri, kau bisa menambah satu website lagi dengan cara yang sama menyerupai membangung website sebelumnya. Karena, mempunyai 1 website saja tidak cukup bila ingin mendapat jutaan rupiah perbulan. Kita sanggup melihat web-web besar, menyerupai kapan lagi, popmama.com, popbela.com itu semua mereka satu network.Milikilah beberapa website sekaligus yang semuanya saling terintegrasi satu sama lain, sehingga akan saling menguatkan dan saling memasarkan. Tapi ingat, kau harus mempunyai manajerial yang baik terhadap website-website yang kau miliki.
10. Sendiri itu Sepi
Kita diciptakan berpasang-pasangan biar dalam hidup ini kita tidak merasa kesepian alasannya yaitu sendiri, ada kekasih yang akan menemani hingga final hayat nanti. Termasuk dalam bekerja, bekerja sendiri itu sepi dan membosankan. Ketika websitemu sudah berkembang, kau bisa mengangkat seorang karyawan untuk bekerja sama denganmu. Pekerjaanmu akan terasa lebih ringan dan terbantu dengan adanya karyawan. Apalagi, kalau kau sudah mempunyai website lebih dari 1, tentu sangat merepotkan kalau dikelola sendiri.11. Go Internasional
Tidak hanya melului website lokal yang mentarget audience dari negara kita sendiri, kita juga perlu mencoba menciptakan website dengan bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Sehingga audience kita akan lebih luas lagi, belum lagi kalau main adsense niscaya akan lebih besar pendapatan perkliknya kalau website kita dikunjungi oleh orang-orang dari penggalan dunia lain.Kira-kira itu sedikit tips dari kami terkait langkah-langkah menjadi blogger yang sukses dengan penghasilan jutaan rupiah per bulan. Yang pasti, kau perlu kerja keras dan jangan hingga menyerah. Tetap semangat meraih harapan yang diimpikan. Baca juga : 100+ Kata-kata Penyemangat Hidup Penuh Makna




