Penjelasan Lengkap Search Engine Beserta Fungsi Dan Keuntungannya [All In One]
Search Engine/Mesin Pencari merupakan hal yang pastinya kita perlukan ketika menjelajahi internet, alasannya yakni mengatakan banyak kemudahan.
Entahlah jikalau di internet ini tidak ada yang namanya search engine, tidak bisa dibayangkan. Karena kita harus mengecek satu per satu sebuah web dan itupun jikalau webnya sudah terkenal, jikalau tidak? tidak bisa dibayangkan berbagai web-web kecil yang tidak bisa berkembang.
Web besar ketika ini pun jikalau tidak ada search engine, belum tentu sebesar ini alasannya yakni kebanyakan dari web besar pastinya menggunakan search engine untuk mempopulerkan webnya.
Sebelum masuk kepada hal yang jauh ihwal search engine, kita akan bahas dulu apa definisi dari search engine:
Apa Itu Search Engine?
Search Engine yakni sebuah jadwal yang digunakan untuk mencari suatu Hal (Artikel/dokumen,dll) dengan kata kunci tertentu, dan menampilkan daftar artikel/dokumen yang didapat dengan kata kunci tertentu tersebut.
Sebenarnya sangat umum sekali search engine ini, tetapi kini ini lebih di khaskan pada suatu web pencari ibarat Google, Bing, Yahoo, dll. Web Pencari tersebut bisa menciptakan para penggunanya mencari artikel/dokumen di seluruh internet.
Daftar dokumen yang ditampilkan pun bukan hanya sebatas artikel bisa saja itu video, musik, gambar, dll. yang tentunya bisa kita dapatkan dengan mengetikan suatu kata kunci pada search engine.
Lalu Bagaimana Cara Kerja Search Engine?
Pastinya bertanya-tanya bukan, bagaimana cara search engine bekerja? sehingga kesannya akan menentukan SERP(Search engine result page).
Cara Kerjanya yang pertama kali search engine mempunyai crawler, dimana crawler ini dikirimkan untuk mengambil sebuah dokumen/artikel (gambar, film,dll) dan dikirimkan kepada indexer, Indexer ini akan mengindex dan menaruh dokumen di suatu halaman pada SERP.
Proses crawler terus terjadi dan berfungsi untuk menerjemahkan keseluruhan dari informasi yang ada pada suatu dokumen kemudian dikirimkan ke index, tetapi jikalau tanpa katalis/pemicu maka proses tersebut akan berjalan lambat.
Pemicu disini yakni link, dimana link yang menjadi pemicu bersifat "dofollow" dan akan terus mempercepat proses penerjemahan dari suatu dokumen.
Bisa dikatakan link dofollow mengatakan suatu isyarat untuk crawler biar mempercepat proses penerjemahan dokumen.
Tetapi Link ini pastinya mempunyai kualitas, semakin tinggi kualitas suatu link maka semakin cepat juga proses dari penerjemahan suatu dokumen.
Ada Contoh kasusnya?
Ya ibarat web-web besar misalkan (Viva, kompasiana, dll) akan cepat terindeks dan diterjemahkan, saya pernah publish suatu artikel di kompasiana dan dalam selang waktu beberapa menit kemudian, artikel saya sudah berada di page one!.
Kenapa itu bisa terjadi?
Alasan nya salah satunya ibarat yang saya sebutkan di atas alasannya yakni link yang dimiliki oleh kompasiana cukup banyak dan mungkin juga berkualitas.
Sehingga proses penerjemahan terhadap dokumen nya cukup cepat, sehingga pengindeksan posisi SERP pun akan lebih cepat.
Tetapi yang perlu diingat SERP terlebih lagi page one juga bukan hanya mengandalkan link tetapi masih banyak faktor yang lain, alasannya yakni artikel saya memang berada pada persaingan yang relatif gampang maka cepat masuk page one!
Bagaimana dengan Blog baru?
Blog gres sangat sulit untuk bersaing walaupun mempunyai artikel yang berkualitas, terkecuali keyword dengan persaingan kecil.
Bukan hanya bersaing blog gres tidak bisa terindex dengan cepat, alasannya yakni itu search engine ibarat google mengatakan suatu tools berjulukan search console.
Dimana search console ini berfungsi untuk kita submit artikel dan crawler google yaitu googlebot akan mengambil artikel kita dan melaksanakan indeks kemudian meletakkan di SERP.
Untuk caranya bisa dibaca di:
Baca Juga: Cara Agar Postingan Cepat Teridex Di Google
Ya posisi SERP juga dipengaruhi oleh suatu link, maka beberapa banyak masalah ada suatu artikel yang lebih anggun kalah dengan artikel yang biasa-biasa saja.
Itu alasannya yakni proses penerjemahan terhadap artikel belum selesai sepenuhnya, tetapi porsi tugas link pun tergantung pada algoritma yang diterapkan pada search engine, yang perlu diingat tugas link akan terus berlaku tapi besar kontribusinya tergantung pada algoritma yang berlaku.
Untuk lebih jelasnya ihwal cara kerja dari search engine, bisa diliat di video di bawah ini:
Untuk lebih jelasnya ihwal cara kerja dari search engine, bisa diliat di video di bawah ini:
Apa Saja Contoh Search Engine?
Karena kita sedang membahas search engine dalam bentuk web search engine, maka pola untuk search engine itu, seperti:
- Bing
- Yahoo
- Baidu
- dll
1. Google Search
4. Baidu
Ada cukup banyak search engine yang beredar di internet ketika ini dan pola di atas yakni beberapa pola saja.
Google search atau google web search merupakan web search yang dikembangkan oleh perusahaan google, dan ketika ini merupakan search engine yang paling banyak digunakan di internet.
Google menangani lebih dari 3 miliar search setiap hari, pada Februari 2016 google merupakan search engine yang paling banyak digunakan dengan 64% menguasai pasar search engine. (Wikipedia)
Web: Google.com
2. Bing Search
Bing yakni search engine yang dimiliki dan dioperasikan oleh microsoft, bing merupakan pelayanan search engine pengganti microsoft sebelumnya, yaitu: MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search.
Bing Memberikan Beragam pencarian seperti: video, images, web, dll. yang dikembangkan dengan ASP.NET
Web: Bing.com
3. Yahoo Search
Yahoo search merupakan search engine yang dimiliki oleh perusahaan yahoo, bermarkas di Sunnyvale, California. Pada Februari 2015 yahoo search menjadi search engine ketiga terbanyak digunakan dengan persentase 12.8% sehabis google dan bing.
Web: Search.yahoo.com
4. Baidu
Baidu yakni pelayan web di china yang bermarkas di kampus baidu beralamat di Beijing Haidian Distrik.
Baidu mengatakan banyak pelayanan, termasuk mesin pencari untuk website, audio dan gambar. Baidu mengatakan 57 search dan komuniti termasuk Baidu Bike, dan juga lembaga diskusi yang berdasarkan data pencarian.
Web: Baidu.com
Ada cukup banyak search engine yang beredar di internet ketika ini dan pola di atas yakni beberapa pola saja.
Yang Manakah Searh Engine Paling Banyak Dipakai?
Search Engine berdasarkan data dari Netmarketshare yang mempunyai kepopuleran tertinggi atau banyak dipakai, yaitu:
Dekstop:
ya itu yakni data pengguna dekstop terhadap search engine yang digunakan (Pada Juli 2017), dimana google masih memegang kendali dengan angka 81.12%, disusul beberapa search engine besar seperti:
Bing, Baidu, dan Yahoo.
Data ini sering berbeda satu sama lain, terlebih lagi beberapa sumber menyatakan berbeda antara data bing, baidu, dan yahoo.
Ya itu yakni data untuk versi mobile dan tablet yang masih diambil dari sumber yang sama, dimana google sangat mayoritas dengan angka 96.38%.
Tetapi posisi kedua berada pada tangan Yahoo disusul oleh Bing, Baidu, dan beberapa search engine lain nya.
Ya bisa disimpulkan bahwa google selaku search engine masih tetap mayoritas dan malah persentasenya terus bertambah dari waktu ke waktu.
Berapa kali search yang dilakukan setiap harinya?
Melalui laman dari internetlivestats didapatkan data untuk google saja sekitar 5.349.110.400 setiap harinya dan terus bertambah seiring bertambah pengguna internet dan bertambah persentase google search engine juga.
ada suplemen data ihwal pertambahan nilai volume search untuk google dari tahun ke tahun
Ketika Google pertama kali didirikan pada september 1998, awalnya melayani 10 ribu kueri kepada para penggunanya per hari (Jumlah yang sama pada final tahun 2006 disetiap detiknya).
Pada September 1999, google sudah melayani 3,5 juta kueri di setiap harinya, pada pertengahan tahun 2000 nilainya bertambah lebih dari 5 kalinya yaitu sekitar 18 juta kueri setiap harinya.
Ketika Google mengumumkan IPO pada tahun 2004, Tercatat ada lebih dari 200 juta kueri yang dicari berdasarkan data yang didapat dari pengguna di seluruh dunia pada setiap harinya.
Pada Agustus 2012, Amit Singhal, Selaku Wakil Ketua Direktur Senior pada pengembangan google search, mengungkapkan bahwa search engine menemukan 30 triliun unik URL pada web, merayapi 20 miliar situs setiap hari, dan memproses 100 miliar search setiap bulan nya.
Apa Fungsi Dari Search Engine?
Fungsi dari search engine ini bahwasanya sudah cukup dijelaskan di atas yaitu ihwal crawling dan indexing, tapi ada beberapa poin suplemen jadi saya jelaskan kembali dan informasi didapatkan dari web Techwalla:
1. Crawling/Merayapi
Crawler atau web spider, yakni bab komponen inti dari search engine. Crawling diharapkan untuk memilah-milah apa yang ada di internet, yaitu untuk menemukan alamat website dan konten yang ada di website tersebut, untuk disimpan di database search engine.
Crawler bisa mendeteksi informasi yang ada di internet, bisa informasi data usang ataupun data baru. Crawler mempunyai kemampuan untuk mencari data dalam skala luas pada suatu website dan mendapat banyak informasi dalam jumlah yang besar secara serentak.
Karena itulah bisa saja crawler ini mendeteksi seluruh informasi yang ada di suatu website hanya dengan hitungan jam dan itupun bergantung pada banyak faktor.
Crawler ini akan merayapi dokumen untuk menemukan informasi hingga tidak ada lagi yang bisa didapat, termasuk internal ataupun external link.
2. Indexing
Proses Indexing/pengindekan ini terjadi sehabis suatu dokumen dirayapi, proses indexing dokumen ini berdasarkan pada kata kunci/kata-kata yang ada di dalam suatu dokumen tertentu (proses indexing pertama kali niscaya judul dari dokumen).
Proses indexing pastinya memudahkan, jikalau dimana kita mencari pada search engine dengan kata kunci tertentu dan menemukan hasil yang relevan dengan sangat mudah.
Pada indexing pertama kali pastinya data tidak berhasil dirayapi seluruhnya dan banyak data yang di eleminasi,
Untuk apa dieleminasi?
Data tersebut dieleminasi biar cepat terindeks di search engine dan cepat di jalan masuk oleh para pencari informasi, dan yang niscaya diindeks pertama yakni judul, alasannya yakni pada permulaan indexing judul akan diubahsuaikan pada keyword yang sama.
Tetapi untuk jangka waktu yang panjang (bergantung pada banyak faktor), alasannya yakni ada proses crawling terus menerus dan indexing pun terus diperbaharui, konten yang mempunyai kualitas yang tinggi akan unggul dibanding yang lain dan mendapat posisi yang lebih baik.
Karena itu terkadang kita ketika mencari dengan keyword tertentu, tetapi judul yang muncul tidak sesuai dengan keyword.
Itu bukan alasannya yakni search engine yang salah, tetapi memang dokumen/artikel tersebut meliputi apa yang anda cari dan lebih lengkap daripada artikel dengan judul yang sama dengan keyword yang ada di bawahnya.
Ya algoritma juga berlaku pada search engine, jadi banyak faktor juga yang menentukan suatu artikel untuk bisa masuk halaman satu, terlebih lagi pada kata kunci yang sulit.
3. Storage
Storage itu ibarat daerah untuk mengideks sesuatu, jadi ini berfungsi sebagai daerah indexing sekaligus untuk mempercepat dan mempermudah proses searching.
Semakin besar storage maka semakin besar juga daya tampungnya, search engine ibarat google, bing, yahoo, dan baidu pastinya mempunyai storage yang besar, sehingga bisa menampung banyak daftar dan dokumen dari suatu website.
4. Hasil
Hasil ini berupa suatu hyperlink/link yang ada pada halaman search engine, yang menghubungkan dengan situs yang lain.
Ketika kita mengetikkan suatu keyword pastinya akan nampak hasil data dan kita sering menemukan data yang relevand dengan apa yang kita cari.
Kenapa bisa begitu?
Seperti yang sudah saya sebutkan di atas itu terjadi alasannya yakni algoritma yang diberlakukan search engine, algoritma berfungsi untuk mengatakan data kepada para pencari berupa data dalam bentuk link yang paling relevan dengan apa yang dicari.
ya itulah fungsinya dan pastinya masih banyak lagi yang tidak kita ketahui, alasannya yakni proses linked yang ada di search engine dilakukan dengan hati-hati dan mungkin saja prosesnya lebih kompleks dari apa yang kita bayangkan.
Apa Manfaat Dari Search Engine?
Jika berbicara ihwal manfaat dari search engine, saya sendiri akan membaginya menjadi dua bagian, yaitu:
- Manfaat Bagi Para Pencari Informasi (Visitor)
- Manfaat Bagi Web Owner/blogger
Manfaat Bagi Para Pencari Informasi
1. Mudahnya Mendapatkan Informasi
ya ini pastinya manfaat yang sangat nyata, alasannya yakni dengan mengetikan sesuatu, list yang ditampilkan relevan dengan apa yang kita cari.
Jika kita tidak tahu misalkan website olahraga, ataupun website lain nya yang membahas suatu hal, kita bisa gunakan search engine untuk mempermudah pencarian.
Ya apapun websitenya seperti:
- Website berita
- Website fakta unik
- Website makanan
- Website ihwal blog
- dll
Semuanya niscaya bisa ditemukan di search engine, alasannya yakni search engine terhubung dengan kesemua website tersebut, asalkan web tersebut mengizinkan pencarian dari search engine, kemudian web tersebut tidak terkena penalti dari search engine.
Misalkan kita hanya mengetikan "Website Berita" niscaya kesannya akan relevan, bisa dilihat:
Benar bukan? ibarat yang kita tahu okezone dan kompas salah satu portal gosip terbesar di indonesia, jadi search engine akan menampilkan data yang relevan dengan apa yang kita cari dan tidak hanya sebatas judul saja.
2. Mudahnya Mendapatkan Dokumen/artikel Terbaik
Seiring dengan algoritma yang terus diperbaharui oleh search engine, pastinya search engine akan menentukan dokumen mana yang terbaik daripada yang lain nya.
sayang bukan? artikel anggun tapi disimpan di daerah yang sulit dijangkau, pihak search engine pun pastinya akan terus melaksanakan pembaruan pada sistemnya demi memuaskan para pengunjungnya.
Karena itu juga merupakan dari suatu bisnis, jikalau hasil yang ditampilkan kurang memuaskan maka bisa saja malah pengunjung pada kabur dan berganti ke search engine lain nya yang lebih baik.
3. Mudahnya Mencari File dalam bentuk yang spesifik
Ya kita bisa mencari file dalam format yang spesifik ibarat pdf, docx, dll. Mungkin diantara kita ada yang kurang yakin dengan informasi yang diberikan oleh sebuah website.
Karena itu banyak juga yang ingin mencari jurnal-jurnal dan kebanyakan jurnal itu berbentuk pdf, search engine bisa mencari dokumen dalam bentuk pdf, hanya dengan menambahkan "pdf" pada kata kuncinya, contohnya:
Ya gampang bukan? datanya pun berbentuk pdf dan jikalau kita klik bisa terdownload ataupun terbuka sebagai pdf dan dibaca oleh browser.
4. Keteraturan
Ya ini merupakan poin suplemen juga, alasannya yakni ada search engine maka internet lebih teratur dan gampang untuk diakses, serta juga bisa menghemat waktu kita dalam mencari apa yang kita cari.
Tentunya keteraturan yang dimaksud juga yakni pencarian yang berdasarkan keyword dengan hasil yang relevan sehingga kita puas dengan kinerja dari search engine ini.
Manfaat Bagi Pemilik Web/Web Owner
1. Sumber Trafik
Yap search engine bukan menjadi diam-diam lagi, bisa menjadi sumber trafik jangka panjang untuk website, dan banyak para pemilik web ingin mendapat trafik dari search engine ini.
Ya berbagai laba dari trafik search engine/organik ini, bisa saja visitor dari trafik di search engine menjadi visitor tetapi di website kita.
Tetapi biar mendapat trafik di search engine ada hal yang harus kita lakukan, ya SEO yang didalamnya paling penting yakni kualitas artikel.
untuk memulai mencar ilmu ihwal SEO bisa memulai dari artikel saya, yaitu:
Baca Juga: Apa itu SEO? Perlukah? Yuk Kupas Tuntas SEO
2. Sumber Pendapatan
Sumber pendapatan bahwasanya hanya mengikuti dari trafik saja, semakin banyak trafik maka sumber pendapatan bagi suatu web akan semakin besar.
Tapi ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pendapatan seperti: menaruh unit iklan yang bisa dijangkau oleh pembaca, ataupun mengetasi pengguna adblock.
pengguna adblock yakni salah satu hal yang mengakibatkan berkurangnya pendapatan suatu blog, alasannya yakni itu perlu diatasi bisa dibaca di artikel saya di:
3. Mengembangkan Website
Ya search engine bisa menjadi salah satu sarana untuk menyebarkan website, ketika visitor sudah banyak kita dapatkan dari search engine, maka banyak visitor pastinya yang mendapat suatu informasi dari web kita.
Ketika web sudah dikenal, maka visitor tahu jenis apa website kita dan apa saja jenis informasi yang ada di dalamnya.
Karena itu perlunya membangun niche yang baik dan membangun konten yang berkualitas, biar bisa menunjang teknik SEO yang lain. Untuk cara menentukan niche bisa dibaca di:
Ya menyebarkan website melalui search engine ini memang harus membangun teknik SEO dulu, gres kita bisa mendapat suatu yang nyata.
Memang tidak ada cara lain?
Cara lain tetap ada, yaitu melaksanakan promosi di jejaring sosial tapi biasanya sifatnya tidak kontinu dan hanya pada ketika itu saja berbeda dengan trafik organik orisinil berdasarkan SEO.
Ada juga cara dengan menggunakan jaringan periklanan tetapi harus menggunakan modal besar, ketika kalian tidak punya modal, SEO lah jalan terbaik.
ada data ibarat di bawah ini:
Itu yakni klik dari trafik organik vs dan dari trafik berbayar (iklan), yang dimana kesannya trafik organik cukup unggul jauh.
Karena itu melaksanakan SEO bahwasanya cara yang terbaik, alasannya yakni bisa menjadi trafik jangka panjang sekaligus menyebarkan website yang kita miliki.
Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat:)
Picture by: Freepik
Picture by: Freepik