Tutorial Dasar Memakai Microsoft Word + Disertai Gambar Dan Video Lengkap
Tutorial Dasar Menggunakan Microsoft Word - Microsoft word yakni aktivitas pengolah kata yang paling umum dipakai di perkantoran, perusahaan dan instansi pendidikan. Salah satu kelebihan dari microsoft word dibandingkan dengan aktivitas yang lain yakni fasilitas dalam mengoperasikannya, dan aplikasi ini yakni yang paling umum dipakai di tempat-tempat umum menyerupai di fotokopian, internet, dll. Sehingga ketika kita ingin nge-print di tempat-tempat umum tersebut tidak perlu pusing-pusing, alasannya yakni sama-sama memakai aplikasi microsoft word.
Maka dari itu, menguasai microsoft word merupakan suatu keharusan terutama bagi kalian yang ingin bekerja di perkantoran atau dinas. Apalagi dikala ini sekolah-sekolah dari tingkat Sekolah Menengah Pertama hingga Perguruan Tinggi sering memperlihatkan kiprah dengan cara di ketik. Maka, mau tidak mau, suka tidak suka kita harus mencar ilmu untuk memakai microsoft word. Minimal yakni dasar-dasarnya saja, jangan hingga kita aib dan dibilang katrok alasannya yakni tidak sanggup memakai microsoft word.
Agar tidak dibilang katrok, yuk kita pelajari dasar-dasar memakai microsoft word mulai dari awal membukanya. Karena ini hanya dasar jadi hanya ada beberapa fitur saja yang dijelaskan dalam serial kali ini.
A. Cara Membuka Ms. Word (Blank Document vs Template Document)
Untuk membuka dokumen kau sanggup melaksanakan beberapa cara, kau sanggup membuka dokumen gres atau membuka dokumen sebelumnya yang telah di save. Untuk dokumen baru, kau sanggup menentukan "blank document" untuk halaman kosong, atau menentukan halaman word yang sudah ada templatenya.
![]() |
Membuka Ms Word |
Template ini merupakan format dasar yang akan membantu dan mempercepat kalian menuntaskan dokumen kalian. Misal kalian ingin menciptakan surat/letter selamat ulang tahun, maka kalian sanggup mencari template ucapan happy birthday di ms. word.
Tapi kalau kalian hanya ingin mengetik biasa atau menciptakan paper, makalah atau kiprah kuliah lainnya pilih saja yang "blank document".
B. Mengenal Bagian-bagian Microsoft Word
Secara dasar tampilan awal dari microsoft word 2013 yakni sebagai berikut, dan di bawah ini juga dijelaskan wacana bagian-bagiannya.
![]() |
Bagian-bagian Microsoft Word |
Keterangan gambar :
1. Quick Acces Toolbar
Merupakan toolbar yang isinya beberapa ikon penting, sehingga cepat dalam mengaksesnya. Toolbar ini sanggup di ganti, di kurangi dan di tambahi. Ikon-ikonnya antara lain new, save, save as, print dll. Intinya merupakan jalan pintas untuk melaksanakan perintah-perintah.
2. Tab/Menu
Merupakan gugusan menu-menu dari hidangan File, Insert, Design, Page Layout, Referebces hingga dengan view. Setiap hidangan terdapat ikon-ikon atau fungs-fungsi untuk menjalankan perintah di microsoft word.
3. Ikon dan Fungsi-fungsi
Merupakan bab dari tab/menu yang berisi ikon-ikon yang dipakai untuk memperlihatkan perintah-perintah menyerupai untuk mengganti jenis font, ukuran, warna, kerataan dll.
4. Ruler
Merupakan ruler/penggaris untuk menjaga biar setiap paragraf lurus dan rapi.
5. Tombol Pojok Kanan
Untuk mengatur window dari microsoft word, mulai dari minimize (menyembunyikan), restore down (keluar dari full screen) dan close (menutup program).
6. Work Space
Merupakan area kerja tempat kalian menulis atau mengetik dokumen.
7. Zoom dan Mode Tampilan
Zoom dipakai untuk memperkecil dan memperbesar ukuran dari halaman yang terbuka di microsoft word tersebut. Sementara mode tampilan antara lain ada print layout, web layout, dan read mode.
8. Jumlah halaman
Kalian sanggup melihat jumlah halaman microsoft word di tempat kiri bawah menyerupai pada gambar di atas.
1. Klik hidangan "FILE"
2. Pilih "SAVE"
3. Pilih "Browse"
4. Pilih dimana akan menyimpan dokumen tersebut.
5. Beri nama dokumen tersebut.
6. Klik "SAVE"
Perbedaan Save dan Save as
Save dan save as sama-sama untuk menyimpan dokumen. Hanya saja save as dipakai untuk menyimpan dokumen sebelumnya yang telah di save di tempat yang berbeda. Misal, dokumen A di save di Local D, kemudian di Save as di Lokal E.
Dan berikut ini beberapa fitur yang sanggup kalian gunakan dalam pengaturan dasar dikala memakai tulisan.
1, Font : Tulisan "Calibri (Body) merupakan tempat untuk mengganti jenis font yang digunakan.
2. Font Size : Angka "11" yakni besar kecilnya huruf.
3. Ada karakter A besar (Increase Fonts Size) dan sampingnya A besar yang lebih kecil (Decrease Font Size) dipakai untuk memperbesar dan memperkecil ukuran font.
4. Change case : Digunakan untuk merubah font, misal merubah satu kalimat menjadi karakter besar semua, atau menjadi karakter kecil semua.
5. Clear all formating : Menghapus semua format pada font, dan mengembalikannya ke default.
6. Bold : Untuk mencetak tebal huruf
7. Italic : Untuk mencetak miring
8. Underline : Untuk mencetak garis bawah
9.Strikethrough : Untuk mencoret huruf
10. Disampingnya ada yang dipakai untuk menciptakan karakter lebih kecil, pangkat, dan menciptakan goresan pena dengan style tertentu.
11. Di sampingnya lagi ada text highlight color yang dipakai untuk mewarnai background setiap huruf, dan font color untuk mewarnai huruf.
Bullets : Digunakan untuk menciptakan list dalam bentuk bullets (gambar)
Numbering : Digunakan untuk menciptakan list dalam bentuk nomor, huruf, dll.
Multilevel list : Digunakan untuk mengatur list yang multilevel
Decrease Indent : Digunakan untuk menciptakan paragraf lebih bersahabat dengan margin sisi kiri.
Increase Indent : Digunakan untuk menciptakan paragraf lebih jauh dari margin sisi kiri.
Sort : Untuk mengurutkan daftar list dari A - Z atau sebaliknya.
Align left : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata kiri
Center : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata tengah
Align right : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata kanan
Justify : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata kanan kiri
Line and Paragraph Spacing : Digunakan untuk mengatur jarak/spasi per paragraf
Borders : Digunakan untuk menambah borders
Margin : Digunakan untuk mengatur jarak antara tepi kertas dengan tulisan.
Orientation : Digunakan untuk mengatur halaman apakah potrait atau landscape.
Size : Digunakan untuk mengatur ukuran halaman yang digunakan, apakah A4, Letter, Folio atau yang lain-lain.
Columns : Digunakan untuk membuat teks menjadi menjadi beberapa kolom.
Demikian beberapa tutorial dasar memakai microsoft word, mungkin ini bab pertama. Selebihnya akan ada di part 2 alasannya yakni kalau dilanjutkan disini tentu akan terlalu panjang. Jangan lupa like dan SUBCRIBE Channel Youtube aku untuk mendapatkan tutorial dasar microsoft word dalam bentuk video, caranya cukup kunjungi link berikut ini : SUBCRIBE CHANEL SAYA
C. Cara Menyimpan Dokumen di Microsoft Word
Dokumen yang sudah jadi atau yang belum jadi tapi ingin stop/berhenti untuk mengetik, maka perlu di simpan (di save) biar tidak hilang. Dokumen yang disave atau disimpan ini sewaktu-waktu sanggup dibuka dan diedit kembali. Bagaimana cara menyimpan dokumen gres di microsoft word? Ikuti langkah-langkah berikut ini :1. Klik hidangan "FILE"
2. Pilih "SAVE"
3. Pilih "Browse"
4. Pilih dimana akan menyimpan dokumen tersebut.
5. Beri nama dokumen tersebut.
6. Klik "SAVE"
![]() |
Cara menyimpan dokumen microsoft word |
Perbedaan Save dan Save as
Save dan save as sama-sama untuk menyimpan dokumen. Hanya saja save as dipakai untuk menyimpan dokumen sebelumnya yang telah di save di tempat yang berbeda. Misal, dokumen A di save di Local D, kemudian di Save as di Lokal E.
D. Cara Mengatur Font
Microsoft word mempunyai ratusan jenis font yang sanggup kalian pilih, ukuran font juga sanggup diisesuaiakan dengan kebutuhan kalian. Beberapa format goresan pena menyerupai "Bold" untuk mencetak tebal, "Italic" untuk mencetak miring dan "Underline" untuk mencetak garis bawah pada huruf.Dan berikut ini beberapa fitur yang sanggup kalian gunakan dalam pengaturan dasar dikala memakai tulisan.
![]() |
Cara mengatur font |
2. Font Size : Angka "11" yakni besar kecilnya huruf.
3. Ada karakter A besar (Increase Fonts Size) dan sampingnya A besar yang lebih kecil (Decrease Font Size) dipakai untuk memperbesar dan memperkecil ukuran font.
4. Change case : Digunakan untuk merubah font, misal merubah satu kalimat menjadi karakter besar semua, atau menjadi karakter kecil semua.
5. Clear all formating : Menghapus semua format pada font, dan mengembalikannya ke default.
6. Bold : Untuk mencetak tebal huruf
7. Italic : Untuk mencetak miring
8. Underline : Untuk mencetak garis bawah
9.
10. Disampingnya ada yang dipakai untuk menciptakan karakter lebih kecil, pangkat, dan menciptakan goresan pena dengan style tertentu.
11. Di sampingnya lagi ada text highlight color yang dipakai untuk mewarnai background setiap huruf, dan font color untuk mewarnai huruf.
E. Cara Mengatur Paragraf
Disamping fungsi yang dipakai untuk mengatur font, ada fungsi-fungsi untuk mengatur paragraph. Berikut ini yakni fungsi-fungsinya :![]() |
Cara mengatur paragraf |
Numbering : Digunakan untuk menciptakan list dalam bentuk nomor, huruf, dll.
Multilevel list : Digunakan untuk mengatur list yang multilevel
Decrease Indent : Digunakan untuk menciptakan paragraf lebih bersahabat dengan margin sisi kiri.
Increase Indent : Digunakan untuk menciptakan paragraf lebih jauh dari margin sisi kiri.
Sort : Untuk mengurutkan daftar list dari A - Z atau sebaliknya.
Align left : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata kiri
Center : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata tengah
Align right : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata kanan
Justify : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata kanan kiri
Line and Paragraph Spacing : Digunakan untuk mengatur jarak/spasi per paragraf
Borders : Digunakan untuk menambah borders
F. Cara Mengatur Halaman (Page Setup)
Dasar memakai microsoft word yakni mengatur halaman (page setup), fungsi ini ada pada tab hidangan PAGE LAYOUT. Gambarnya kurang lebih menyerupai dibawah ini :![]() |
Cara Mengatur Halaman (Page Setup) |
Orientation : Digunakan untuk mengatur halaman apakah potrait atau landscape.
Size : Digunakan untuk mengatur ukuran halaman yang digunakan, apakah A4, Letter, Folio atau yang lain-lain.
Columns : Digunakan untuk membuat teks menjadi menjadi beberapa kolom.
Demikian beberapa tutorial dasar memakai microsoft word, mungkin ini bab pertama. Selebihnya akan ada di part 2 alasannya yakni kalau dilanjutkan disini tentu akan terlalu panjang. Jangan lupa like dan SUBCRIBE Channel Youtube aku untuk mendapatkan tutorial dasar microsoft word dalam bentuk video, caranya cukup kunjungi link berikut ini : SUBCRIBE CHANEL SAYA
Sumber http://ki-tapunya.blogspot.com/
Multilevel list : Digunakan untuk mengatur list yang multilevel
Decrease Indent : Digunakan untuk menciptakan paragraf lebih bersahabat dengan margin sisi kiri.
Increase Indent : Digunakan untuk menciptakan paragraf lebih jauh dari margin sisi kiri.
Sort : Untuk mengurutkan daftar list dari A - Z atau sebaliknya.
Align left : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata kiri
Center : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata tengah
Align right : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata kanan
Justify : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata kanan kiri
Line and Paragraph Spacing : Digunakan untuk mengatur jarak/spasi per paragraf
Borders : Digunakan untuk menambah borders
Margin : Digunakan untuk mengatur jarak antara tepi kertas dengan tulisan.
Orientation : Digunakan untuk mengatur halaman apakah potrait atau landscape.
Size : Digunakan untuk mengatur ukuran halaman yang digunakan, apakah A4, Letter, Folio atau yang lain-lain.
Columns : Digunakan untuk membuat teks menjadi menjadi beberapa kolom.
Demikian beberapa tutorial dasar memakai microsoft word, mungkin ini bab pertama. Selebihnya akan ada di part 2 alasannya yakni kalau dilanjutkan disini tentu akan terlalu panjang. Jangan lupa like dan SUBCRIBE Channel Youtube aku untuk mendapatkan tutorial dasar microsoft word dalam bentuk video, caranya cukup kunjungi link berikut ini : SUBCRIBE CHANEL SAYA
Sumber http://ki-tapunya.blogspot.com/
Decrease Indent : Digunakan untuk menciptakan paragraf lebih bersahabat dengan margin sisi kiri.
Increase Indent : Digunakan untuk menciptakan paragraf lebih jauh dari margin sisi kiri.
Sort : Untuk mengurutkan daftar list dari A - Z atau sebaliknya.
Align left : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata kiri
Center : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata tengah
Align right : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata kanan
Justify : Digunakan untuk menciptakan paragraf rata kanan kiri
Line and Paragraph Spacing : Digunakan untuk mengatur jarak/spasi per paragraf
Borders : Digunakan untuk menambah borders
F. Cara Mengatur Halaman (Page Setup)
Dasar memakai microsoft word yakni mengatur halaman (page setup), fungsi ini ada pada tab hidangan PAGE LAYOUT. Gambarnya kurang lebih menyerupai dibawah ini :![]() |
Cara Mengatur Halaman (Page Setup) |
Orientation : Digunakan untuk mengatur halaman apakah potrait atau landscape.
Size : Digunakan untuk mengatur ukuran halaman yang digunakan, apakah A4, Letter, Folio atau yang lain-lain.
Columns : Digunakan untuk membuat teks menjadi menjadi beberapa kolom.
Demikian beberapa tutorial dasar memakai microsoft word, mungkin ini bab pertama. Selebihnya akan ada di part 2 alasannya yakni kalau dilanjutkan disini tentu akan terlalu panjang. Jangan lupa like dan SUBCRIBE Channel Youtube aku untuk mendapatkan tutorial dasar microsoft word dalam bentuk video, caranya cukup kunjungi link berikut ini : SUBCRIBE CHANEL SAYA
Sumber http://ki-tapunya.blogspot.com/