11/19/2017

7 Kiat Sukses Mengelola Bisnis Wedding Organizer

7 Kiat Sukses Mengelola Bisnis Wedding Organizer - Salah satu program yang paling berharga di dalam perjalanan hidup insan yakni ijab kabul (wedding), alasannya yakni semua orang juga berharap bahwa ijab kabul hanya akan berlangsung satu kali, dengan kata lain terjadi korelasi yang serasi sehingga pernikahannya langgeng dan bahagia.

Karena hanya ingin berlangsung satu kali seumur hidup tersebut, maka setiap orang yang ingin menikah niscaya menginginkan pesta ijab kabul yang sebaik-baiknya. Dan disinilah peluang yang sangat besar, apalagi ijab kabul niscaya akan terus ada dan tidak akan pernah mati hingga insan itu tidak ada. 

Bisnis wedding organizer berperan dalam mengatur dan mengelola program wedding (pernikahan) dari mulai persiapan, jalannya program hingga penutupan. Wedding organizer juga mengurusi duduk kasus desain, catering, randown acara, make up pengantin, lokasi dan masih banyak lagi. Tapi, sesuai akad juga sih antara pemilik program dengan WO-nya.

Yang pasti, biasanya WO juga mempunyai paket-paket tersendiri, yang akan ditawarkan kepada pemilik program atau keluarga pengantinnya. Untuk tarif setiap program ijab kabul tergantung dari paket, dan suplemen undangan dari keluarga pengantin. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh pemilihan lokasi pernikahan, jumlah tamu undangan, konsep program dll.

Menggunakan jasa Wedding Organizer memang akan lebih gampang dan praktis, alasannya yakni keluarga pengantin akan berkurang bebannya dalam mengatur jalannya pernikahan.

BTW, jadi Wedding Organizer itu tidak gampang lho. Perlu kerja keras dan banyak-banyak pengalaman untuk mengatur sebuah acara. Semakin usang jam terbangnya, sebuah WO akan semakin populer dan banyak dipercaya. Biasanya WO ini mempunyai komunitas tersendiri, satu WO biasanya terdapat tim yang bila diharapkan akan siap maju untuk mengatur program pernikahan.

Dari segi persiapannya saja misalnya, mungkin butuh waktu 1 bulan untuk mempersiapkan semuanya. Namun dengan koordinasi tim yang baik, biasanya akan dibagi-dibagi sehingga 1 orang memegang wedding A, dan 1 orang memegang wedding B. Sehingga dalam 1 bulan sanggup saja WO memegang 10 atau lebih program pernikahan. 

Pusing ngga tuh?? Tapi, ingat jikalau semua itu dikoordinasi dengan baik dengan tim yang banyak maka semua akan lebih gampang dan enteng. Berikut ini kami punya beberapa kiat sukses untuk mengelola bisnis Wedding Organizer :

7 Kiat Sukses Mengelola Bisnis Wedding Organizer

 Kiat Sukses Mengelola Bisnis Wedding Organizer 7 Kiat Sukses Mengelola Bisnis Wedding Organizer
Sumber : Instagram @alux_organizier

1. Tentukan Target Pasar
Bisnis apapun niscaya butuh taktik sasaran pasar yang baik, dalam ilmu pemasaran dikenal dengan STP (Segmenting, Targeting dan Positioning). Sebuah bisnis akan sukses jikalau sanggup menetapkan sasaran yang sesuai dengan produknya.

Penentuan sasaran pasar ini bekerjasama dengan konsep dan budget yang kalian tawarkan sebagai WO kepada keluarga pengantin. Jika sasaran utama kalian yakni kalangan atas maka konsep akan lebih luxury dan budgetnya tentu saja akan lebih tinggi.

Target pasar ini juga memilih taktik promosimu, mau ditawarkan kepada siapa WO yang sudah kalian dirikan itu.

2. Kekuatan TIM yakni Mesin Utamanya
Sebuah program tidak akan sanggup dikerjakan semuanya sendiri, butuh TIM yang berpengaruh dan benar-benar komitmen dengan WO yang kalian bentuk. Disini juga dibutuhkan kepemimpinan yang tegas dan demokratis.

Untuk membuat TIM yang berpengaruh maka dibutuhkan SDM yang benar-benar berkualitas dan mempunyai komitmen untuk terus bekerja keras bersama-sama. Dan pastikan pilih SDM yang memang suka bekerja dengan TIM dan sudah mempunyai banyak pengalaman di banyak sekali organisasi atau ikut mengelola acara.

TIM dalam WO bagaikan mesin produksi. Agar tetap berpengaruh maka perlu motivasi dan apresiasi yang tinggi, jangan ragu untuk mengatakan bonus ketika acaranya sukses. Buat sasaran kedepannya juga perlu untuk menambah motivasi dan semangat dalam bekerja.

Lakukan juga pembagian kiprah yang jelas, misal ada yang khusus bab dekoriasi, bab acara, bab catering, bab dokumentasi dll.

Jika kekurangan SDM, sanggup merekrut tenaga suplemen atau tenaga casual untuk membantu menyokong tim utama. Tenaga casual ini biasanya hanya membantu ketika program berlangsung, menyerupai pada ketika persiapan, mengambil piring kotor, mencuci dll.

3. Banyak mitra banyak risky
Slogan yang memang betul adanya, banyak sahabat maka banyak risky yang sanggup tiba darinya. Ketika membuat sebuah WO maka partner yakni sosok yang sangat penting. Partner disini yakni orang yang sanggup diajak kerjasama untuk mensukseskan program wedding yang kalian kelola.

Misal, untuk urusan catering kalian bekerja sama dengan catering ABC, untuk dekorasi dengan perusahan D, untuk make up dengan salon ulala. Dan lain sebagainya, semakin banyak korelasi tentu akan semakin baik alasannya yakni akan banyak pilihan. Dan akan lebih gampang dalam menyesuaiakn budget keluarga pengantin.

4. Tawarkan Konsep Terbaik dan Terbaru
Orang itu suka dengan hal-hal yang baru, coba tawarkan dengan konsep-konsep terbaru yang kalian miliki. Dengan konsep terbaru itu juga akan menambah kepercayaan keluarga pengantin semakin kuat, dan semakin yakin bahwa acaranya tidak akan menyamai dengan acara-acara ijab kabul sebelumnya.

Tapi, jangan lupa juga untuk tetap memperlihatkan konsep-konsep yang membawa kesan sederhana, tradisional, dan menjerumus ke salah satu tema sesuai dengan pengantinya. Misal, pengantinya yakni anak tentara, maka sanggup ditambahi bumbu-bumbu militernya. Coba tawarkan itu..!

Paketan yang menarik juga akan mensugesti kepuasan dari keluarga pengantin. Tidak hanya itu, para tamu undangan siapa tahu juga tertarik memakai WO mu jikalau konsepan acaramu benar-benar menarik dan khas.

5. Berikan pelayanan terbaik
Layanan yakni hal yang dirasakan eksklusif oleh konsumen pada bisnis jasa menyerupai WO ini. Berikan layanan terbaik dari mulai ketika konsultasi dan penawaran, perencaraan hingga ketika hari H. Pada pada dasarnya kesuksesan program ijab kabul akan membuat record baik untuk WO mu.

6. Promosikan secara online
Selain melalui offline menyerupai majalah, radio, koran, atau pamflet. Kalian juga harus masuk ke pasar melalui online, kalian sanggup memakai website dan sosial media menyerupai instagram, facebook dan youtube.

Di instagram kalian sanggup memajang foto-foto terbaik ketika ijab kabul berlangsung, jangan lupa di beberapa post kalian tawarkan jasa WO yang kalian miliki. Begitu juga lakukan di YouTube dan Facebook. Jika ingin lebih mantap lagi, sanggup memakai iklan berbayar (iklan premium.

7. Sisihkan modal
Dari laba yang didapat, sisihkan modal berapa persen untuk membeli peralatan-peralatan yang sanggup menunjang kalian ketika WO. Misal membeli seragam, alat komunikasi, atau sanggup kalian gunakan untuk berlibur bersama dalam periode waktu tertentu.


Nah itu yakni beberapa kiat sukses mengelola bisnis wedding organizer. Semoga sanggup bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian.

Sumber http://ki-tapunya.blogspot.com/
Comments

Add Your Comment
EmoticonEmoticon